Template Information

Home » , , » TUTORIAL ETABS

TUTORIAL ETABS


Tips dan trik merupakan suatu langkah cerdas yang kita lakukan dengan berbagai macam cara agar suatu pekerjaan itu bisa dikerjakan atau mendapatkan hasil yang lebih baik.

Begitu juga apapun yang kita lakukan, jika masih ada tips dan trik yang bisa kita lakukan alangkah baiknya kalau kita memanfaatkannya agar hasil yang kita dapat bisa lebih maksimal dan bisa lebih cepat.

Berikut ini, saya akan mencoba men-share tips dan trik dalam hal penggunaan program ETABS untuk menghitung struktur bangunan gedung. Adapun yang akan dibahas yaitu mengenai pembebanan gedung, dimana pembebanan gedung kita modelkan dalam program etabs dan output yang kita ambil dari hasil asumsi hasil perhitungan kita harus benar-benar sesuai dengan kaidah pembebanan. Sebab jika kaidah ini tidak diikuti maka akan terjadi salah persepsi sehingga menimbulkan kesalahan dalam mendesain struktur bangunan gedung yang berakibat banyaknya bangunan yang runtuh pada saat gedung dibebani gempa yang relatif kecil.

Ada banyak istilah dalam konsep pembebenan gedung yang harus kita pahami. diantaranya ada eksentrisitas itu apa? sisitem diafragma itu apa? centre of mass apa? mass rigidity apa? dan berbagai istilah lainnya.......

Untuk memahami banyak istilah tersebut diatas, mungkin sebaiknya harus banyak membaca buku karangan Bapak Wiryanto Dewobroto yang berjudul Aplikasi Rekayasa Konstruksi Dengan SAP 2000

Berikut saya lampirkan bahan yang perlu dipertibangkan :
Trik Cara Mudah Menghitung Berat Bangunan dari Program ETABS
Tutorial Desain Gedugn Bertingkat Tinggi 1
Contoh Perhitungan Bangunan Gedung Sesuai SNI
Tutorial Desain Gedung Bertingkat Tinggi 2
Tutorial Desain Gedung Bertingkat Tinggi 3





Sumber

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

2 comments: